Category Archives: artikel motivasi

Cara Menemukan Role Model Yang sesuai bagi kesuksesan kita.

Punya role model dalam hidup itu sangat penting dalam menjamin tercapainya impian kita. Role model akan kita gunakan sebagai mentor atau motivator baik secara langsung maupun tidak langsung. Role model adalah orang yang kita anggap lebih sukses dari kita, yang kita jadikan acuan dan panutan kita.

Banyak sekali orang yang bisa di jadikan role model bagi kita, namun sering sekali menentukan siapa yang memang cocok bagi kita. Yang pasti masing masing dari orang yang bisa jadi role model tersebut pasti memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Berikut cara memilih role model yang tepat bagi karakter Anda.

  1. Kenali dulu diri sendiri. Yang perlu anda lakuka untuk mencari sosok role model adalah kenali dahulu karakter kita sendiri. Kenali seperti apa kelebihan kita dan kekurangna kita, kemudian apa mimpi kita dan tujuan kita dalam hidup, jangan lupa kenali passion kita. Proses pengenalan diri ini memang bukan proses yang cepat. Tapi jangan terlalu lama, jangan sampai kesempatan lepas dari tanganmu. Jika kamu kesulitan mengenal siapa dirimu, gunakan orang orang di sekita kamu dan minta pendapat mereka untuk mengenali diri inda secara lebih baik.
  2. Buat list. Selanjutnya, buat daftar orang – orang sukses yang anda ketahui. Buat daftar sebanyak mungkin klasifikasikan dengan bidangnya masing-masing. Ada banyak bidang yang berisi orang orang sukses didalamnya. Dengan membuat daftar akan mempermudah kamu dalam mendapatkan siapa role model yang cocok dengan kepribadian kamu. Jangan lupa buat sebanyak banyaknya ya.
  3. Pelajari karakter orang sukses. Pelajari karakter positif dari orang orang sukses yang sudah anda kumpulkan tadi. Kamu bisa memadukan karakter positif mereka dan bisa memunculkan karakter hebat dalam diri kamu sendiri. Seperti kerja keras, pantang menyerah, inovatif, dan berbagai karakter positif yang tentunya di miliki oleh orang orang sukses tersebut.
  4. Pelajari proses orang sukses lalui. Jangan Cuma pelajari saat mereka sudah sukses saja, hal yang paling penting adalah pelajari saat mereka masih berjuang, masih dalam titik terendah mereka dan peajari bagaimana cara mereka untuk bangkit dan meghadapi kesulitan.
  5. Tetap menjadi diri sendiri. Poin penting dari ilmu ini adalah tetap menjadi dirimu sendiri jangan jadi seperti mereka, sebab kesuksesan orang lain belum tentu menjadi kesuksesan dirimu. semua punya rejekinya masing masing yang bisa kita tiru adalah semangat dan cara mereka dalam menuju kesuksesan dan terapkan dalam kesuksesan versi dirimu.

GOALS ARE FOR LOSERS

Motivator Christian Adrianto

Banyak motivator mengatakan pentingnya memiliki goals, Goal harus tertulis, harus ada batas waktunya dan lain sebagainya.

 

Namun mari kita lihat kenyataannya. Setiap awal tahun banyak orang menuliskan resolusi atau goalnya. Tapi 2 -3 bulan kemudian, resolusi hanya menjadi tumpukan kertas berdebu.

Apa yang terjadi?

 

Kita sepakat dulu yah, Otak manusia butuh goal, kalau tidak hidup anda akan jadi tidak menarik.

Tapi jika anda hanya fokus goal anda, maaf anda akan gagal.

Jadi harus gimana dong??

 

Orang –orang sukses didunia juga memiliki goal yang besar.  Namun mereka tidak fokus pada goal, tapi fokus pada SISTEM.

 

Apa itu Sistem?

Jika Goal adalah sesuatu yang ingin anda capai.

Sistem adalah langkah demi langkah yang anda lakukan setiap hari untuk mencapai goal itu. Gampangnya sistem adalah prosesnya.

 

Contonya :

Goal ingin turun berat badan 20kg.

Maka jika hanya fokus pada angka timbangan setiap pagi, hasilnya hanya akan jadi frustasi.

Fokus pada sistem artinya,  fokus pada olahraga dan pola makan.

Saat kita fokus kepada sistem, langkah demi langkahnya, kita akan mencapai kesuksesan-kesuksesan kecil yang membuat kita semakin semangat. Namun dengan fokus kepada goal, goal itu rigid, kaku.

Sedangkan sistem bisa flexible, saat ada langkah yang tidak efektif, anda bisa mengubahnya.

 

KAPAN VS KAPAN-KAPAN

 

Nah, setelah tahu langkah demi langkah yang mengarah pada goal, maka tetapkan waktunya. Jadwalkan, kapan anda mau lakukan setiap prosesnya.

 

Jika ada orang mengatakan “Kita ngopi bareng yuk? “

Anda tanya : “Kapan?”

Dia jawab : “Kapan-kapan.”

Biasanya apakah jadi ngopi bareng?

98% tidak akan jadi ngopi bareng.

Tapi jika anda mengatakan, Hari Sabtu, tangal 5 bulan ini jam 7 malam, kita ngopi bareng yuk!

Nah, Kerasa bedanya kan?

 

Jadi jadwalkan di jam dan tanggal berapa setiap proses dalam sistem anda yang mengarah pada goal.

 

WISHING VS DECIDING

 

Dan yang terakhir kita mesti tahu bedanya berharap dengan memutuskan.

Semua orang berharap bisa punya banyak uang, punya rumah mewah, naik private jet kemana-mana.

Tapi orang-orang sukses bukan hanya berharap dan berkata semoga tercapai goalnya, tapi mereka membuat keputusan.

Membuat keputusan artinya

  1. Tau persis apa yang ia inginkan
  2. Tau berapa harga yang harus dibayar. Setiap kesuksesan ada harganya.
  3. Bayar harga! Artinya taking action. Bertindak. Tanpa action goal hanya sekedar mimpi disiang bolong.

 

Dan saat ini saya yakin saat ini kita semua memiliki  goal masing-masing. Jangan hanya goal menjadi sekedar harapan, tapi jadikan keputusan, dan taking action.

 

Situasi boleh berat, Corona boleh jadi tantangan, tapi Goal kita tetap harus diperjuangkan. Jangan menyerah. Ingat Fokus sistem, artinya jika situasi tidak memungkinkan sistem kita yang lama, ubah dong sistem kita. Kita harus cepat adaptasi. Dan raih goal  anda demi keluarga dan orang-orang tercinta.

 

Christian Adrianto Motivator.

6 Langkah Agar Masa Depan Sukses

Masa depan adalah hasil dari apa yang kita rencanakan dengan apa yang kita lakukan. Jika ingin masa depan cerah, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membantu anda menyusun masa depan yang cerah:

  1. Buat visi mulai dari sekarang.

Tidak hanya perusahaan yang punya visi supaya tetap fokus, kamu juga bisa buat visimu sendiri. Visi bisa kamu buat dari mimpi yang ingin diraih. Bayangkan di masa depan dirimu dalam waktu 5 atau 10 tahun kedepan akan menjadi seperti apa. buat visi dengan spesifik contoh mau mobil dua pintu, truk juga dua pintu. Supaya tidak salah cari gambarnya hingga nama merk mobilnya supaya jelas. Jangan terlalu sering ganti visi sebab bisa gagal untuk meraihnya.

2. Fokus pada kelebihan pacu terus pada kekuatan.

Tidak mudah untuk selalu fokus pada kelebihan terkadang kekurangan sekecil apapun bisa bikin drop, tidak semangat, loyo, negatif tinking. Jika kita kurang bisa obyektif terhadap diri sendiri gunakan pendapat orang lain atau teman terdekat, catat hal yang mereka ungkap mengenai kekuatan dan kelemahan diri anda. Setalah terkumpul fokus saja pada kelebihan dirimu itu setelah itu baru kelemahan dan buat list cara untuk mengatasinya dan praktekan.

3. Jangan fokus pada kegagalan.

Dalam beraktifitas gunakan keberhasilan sebagai sebuah tolak ukur yang membanggakan, jika ada kegagalan evaluasi sejenak bikin kesimpulan dan kemudian lupakan. Dan jika ada keberhasilan rayakan sejenak, dengan sederhana, kemudian evaluasi menyeluruh supaya bisa untuk mengulanginya lagi di masa mendatang dengan lebih dahsyat lagi.

4.  Fokus dan selalu belajar.

Buat dirimu menjadi ahli dalam bidang bidang tertentu yang menghasilkan uang. Tidak perlu banyak banyak yang penting ahli dan punya kemampuan yang mumpuni untuk menyelesaikan masalah. Jika perlu catat kemampuan yang anda bisa tersebut supaya bisa disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang cocok untuk dirimu dan menghasilkan uang. Buat banyak lubang lubang penghasil uang.

5. Punya passion.

Bekerja dengan passion pasti akan membuat pekerjaan kita menjadi menyenangkan. Dengan adanya passion anda akan bekerja anda akan mendapatkan kepuasan dan rasa bahagia yang tidak trbayarkan dengan apapun juga. Ingat passoin dapat dibuat, jangan menunggu bekerja harus sesuai dengan passion yang dimiliki, bisa bisa tidak bekerja jika terlalu lama menuggu. Bekerjalah dengan ikhlas, jangan mengeluh dan pelajari baik baik, maka passion akan terbentuk dengan sendirinya.

6. Peka dalam menyambut kesempatan baik karir atau tren di masa depan.

Jaman telah berubah, tanpa disadari telah menutup kesempatan pekerjaan sekaligus membua kesempatan di bidang yang lainnya. Perubahan pasti terjadi apapun yang kita lakukan perubahan ini tetap akan terjadi. Setidaknya kita bisa dengan cepat beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan ketrampilan ketrampilan baru untuk menyambut perubahan tersebut. Ingat saingan Anda berjumlah jutaan jika anda terlambat melakukan gebrakan kesempatan akan hilang dengan cepatnya.

 

Mau Santai Di Situasi Mendesak?

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan kelak, bisa kita akan mendapatan rezeki noplok atau sebaliknya kita dapat mengalami musibah. Musibah harus segera kita tangani bahkan menghabiskan energi maupun materi yang kita miliki. Ada baiknya kita sedia payung sebelum hujan untuk meminimalisir dampak yang diakibatkan akan membesar ada baiknya kita membuat beberapa persiapan saat masih sehat dan berjaya sekarang,

1. Punya tabungan dan hindari hutang konsumtif

Sebuah penelitian menemukan, hampir 70% orang dewasa memiliki tabungan kurang dari Rp 13,5 juta. Bahkan setengah dari pensiunan hanya memiliki saldo nol di tabungan mereka. Menurut perencana keuangan Kimmie Greene orang yang punya banyak uang juga akan menghabiskan lebih banyak, bukan menyimpannya. Orang milenial berpikir “saya akan menabung banyak jika saya menghasilkan banyak uang” padahal kenyataanya, umur selalu bertambah, keinginan semakin banyak. Menabung dari sekarang. Nah berikut rumus perhitungan dari Kimmie untuk membantu menghitung jumlah kira-kira tabungan Anda:

  • pastikan tabungan jika usia Anda 30 tahunan = total penghasilan tahunan Anda di hitung termasuk dengan investasi Anda.
  • jika usia 35 tahun = 2x Gaji tahunan Anda.
  • usia 40 tahun = 3x Gaji tahunan Anda.
  • usia 45 tahun = 4x Gaji tahunan Anda.
  • dan seterusnya dalam kelipatan lima tahun hingga usia 65 tahun = 8x Gaji tahunan Anda.

Terlihat menakutkan, tapi hidup ini tidak ada yang bisa menebak. dan akan lebih baik jika anda punya komitmen menabung mulai saat ini.

2. Tabungan Darurat

Saat ini mungkin adalah momen terbaik dalam finansial anda. Namun ada baiknya jika Anda menyisihkan sedikit dana yang anda simpan dan bisa dengan mudah dikeluarkan jika terjadi situasi yang mendesak pada diri Anda. Nominal yang bisa Anda siapkan bisa macam macam. Tapi biasanya pastikan jumlah yang bisa Anda siapkan adalah sebesar jumlah pengeluaran (termasuk cicilan) tidak lebih dari 75% dari gaji kotor anda.

3. Dana Pensiun.

Meski masih muda, jaya dan sukses. pastikan anda  mempersiapkan masa tua anda. tidak mau kan masa tua nanti harus masih bekerja karena tidak memiliki persiapan.

 

Tidak perlu cemas jika anda sudah menyiapkan semuanya.

Pikiran penghambat kesuksesan

Pernahkah kamu berjuang banting tulang tak kenal waktu tapi apa yang diharapkan tidak kunjung datang? Mungkin memang tidak ada yang salah dalam cara kerjamu, tapi bisa saja ada yang salah dalam cara berpikir tentang kesuksesan itu. Hati hati dalam berpikir sebab pikiran mempengaruhi tindakan yang akan kamu lakukan.

1.       Kamu berpikir untuk “Menunggu waktu yang tepat” untuk melakukan sesuatu. padahal kamu tidak tahu kapan datangnya “waktu yang tepat” itu.

Tidak ada orang yang tahu dengan tepat kapan “waktu yang tepat” tersebut untuk melakukan sesuatu. menunggu dan menunda tidak akan memberikan kotribusi dalam kesuksesanmu. Jika mencari waktu sempurna untuk melakukan sesuatu sama dengan sia-sia. Setiap waktu selalu ada tantangan dan rintangan yang harus di hadapi. Dan kamu melihatnya sebagai suatu masalah yang harus dihindari dan kamu menunda dalam melakukan sesuatu, maka kamu akan melewatkan kesuksesanmu. jadi daripada menunggu, lebih baik lakukan sekarang juga dan nikmati perjalananmu.

2.       Kamu merasa, hidup apa adanya sudah cukup untuk dirimu. Bukan karena pandai bersyukur tapi karena kamu malas dan takut untuk bermimpi besar.

Memang benar jika hidup ini apa adanya. Tidak perlu sombong dengan hal-hal yang tidak mampu kamu miliki. Tapi sifat apa adanya ini tidak lantas membuatmu jadi terima apa adanya. Asal hidup tentram, tidak kekurangan dan kebutuhan sehari hari tercukupi, kamu sudah cukup merasa bahagia. Dan tidak mau mengejar kesuksesan yang lebih. Bukankah hidup dari hari kehari harus lebih baik dari sebelumnya? Jangan cepat puas denga kaadaan yang kamu alami sekarang. Tingkatkan terus target dan pencapaiaan kamu dari hari kehari. Bermimpi sebesar mungkin dan beranilah untuk membuanya menjadi kenyataan. Kamu harus punya ambisi untuk terus berkembang. Jangan cepat puas dengan keaadaanmu saat ini.

3.       Punya ide baru dan menyegarkan. Tekadmu berapi-api. Namun kamu mudah menyerah jika orang sekeliling kamu tidak memberikan persetujuan.

Kamu terlalu fokus dengan dukungan dan persetujuan orang lain. Persetujuan dan restu memang bisa jadi energi positif buat dirimu, namun sayang tidak akan diterima dengan mudah. Ada orang yang sukses pada awal karir mereka mendapat tantangan dari orang terdekatnya. Tapi kuncinya cuma satu, Yakin. Buktikan bahwa mereka salah dengan jalan yang kamu pilih ini tetap akan membawamu ke kesuksesan. Buat orang orang di sekitarmu mengakui bahwa kamu adalah orang yang hebat. Tidak selalu teman dan keluargamu sejalan dengan keinginanmu, berjalan sendiri tanpa restu memang berat. Teruslah maju dan berusaha karena satu satunya kunci untuk mendapatkan restu dari mereka adalah dengan enunjukan bahwa kamu bisa sukses dengan pilihanmu.

4.       Kesuksesan orang lain menginpirasi dirimu, tapi membutakanmu. Sehingga tidak pernah menciptakan kesuksesanmu sendiri.

Setiap orang punya definisi sukses menurut versinya sendiri, orang lain yang sudah sukses lebih dahulu boleh kamu jadikan contoh dan panutan, apa yang menjadi dasar kesuksesan orang lain belum tentu sukses untukmu. Jangan asal curi kesuksesan orang lain. Buat suksesmu sendiri, jangan takut punya kesuksesan yang berbeda dari orang lain, karena sukses tidak bisa diseragamkan. Jangan sampai kamu menjadi tak bahagia dengan kesuksesanmu sendiri.

5.       Motivasimu cuma uang.

Mengumpulkan uang yang banyak memang tidak salah. Tapi ingat ukuran kesuksesan diukur bukan dari seberapa banyak uang yang kamu kumpulkan tapi dari apa yang sudah kamu lakukan demi kebaikan orang lain dan uang adalah bonusnya. Sukses adalah dimana kamu bisa mencapai keinginanmu, tagetmu dan seberapa besar kamu berguna bagi orang lain.

6.       Kamu anggap sukses dalam karir adalah yang utama.

Kamu bisa saja mengejar kesuksesan dalam hal karir saja. Namun kamu menelantarkan keluarga di rumah dan hubungan dengan pasanganmu tak baik. Apakah hal ini membuatmu merasakan kesuksesan? Semua aspek harus dijaga keseimbangannya jika kamu mengejar kesuksesan dalam karir imbangi kesuksesanmu yang lain yaitu keluarga. Kamu tidak akan bahagia jiga kamu hanya menyelesaikan satu aspek kesuksesan saja.

7.       Sering menghibur diri, “semua kesempatan yang terlewat bukanlah rezeki.” Bukannya bekerja lebih keras, tapi malah pasrah.

Melewatkan satu dua kesempatan itu sudah biasa, namun yang penting adalah bagaimana sikap kamu dalam menyingkapinya. Tapi apakah cukup kamu merasa pasrah karena malas menjemput kesempatan yang ada di depanmu? Namun hanya dengan beralasan “itu buan rezeki ku” dan imbasnya kamu jadi pasrah menunggu adanya keajaiban. Kejaaiban datang kepada mereka yang mengejarnya. Jangan berkilah bukan rezeki kamu lagi, rezeki tidak di tunggu tetapi kamu harus menariknya. Jangan menunggu.

8.       Tidak punya target yang jelas.

Kamu mau sukses tapi kamu tak tahu target apa yang mau kamu capai dalam hidupmu. Kesuksesan adalah dimana kamu bisa mencapai dan mewujudkan apa yang menjadi target dalam hidupmu dan berguna bagi masayarakat.  Jika target aja gak punya apa yang mau kamu suseskan dalam hidup? Jangan Cuma mengalir tanpa tujuan, jika kamu ingin sukses pasang targetmu dn tentukan apa yang ingin kamu capai.

9.       Takut berusaha karena takut pengorbanan dan kehilangan keluarga.

Jadi orang sukses memang harus benar benar bekerja keras, banting tulng tidak kenal waktu. Banyak orang juga bilang jika mau sukses kamu harus mengorbankan banyak hal. Salah  satunya waktu bahkan waktu dengan keluargamu. Sesibuk apapun kamu bisa membagi waktu dan mengaturnya dengan baik

10.   Mau sukses tapi tidak mau salah dan gagal

Kesuksesan tanpa kesalahan dan kegagalan adalah suatu yang mustahil. Sukses bisa kamu dapatkan jika kamu mau menerima semua resiko yang ada. Termasuk kegagalan dan kesalahan. Jangan harap kamu bisa mendapatkan kesuksesan jika kamu enggan mengambil resikonya.

 

 

Kisah Inspirasi : Kakek Tua yang Linglung

Suatu hari hiduplah seorang kakek di suatu desa hidup sebatang kara. Ia memutuskan untuk pensiun setelah sekian lama bekerja keras. Ia memiliki tabungan berisi uang hasil jerih payahnya sejak usia muda. Di hari tuanya ia ingin dapat menikmati uang tabaungannya itu dengan bijak. Setelah tabungan di tarik, ia mulai menghitung uang yang dia miliki dan berpikir, kira – kira apa yang bisa dibeli dengan uang yang dia miliki.

Kemudian ia mulai berjalan jalan di pasar sambil membawa uang yang dimilikinya. Ia kemudian melihat beberapa ekor kambing muda dan bagus. Ia pun berpikir, jika uang itu di gunakan untuk membeli sepasang kambing maka ia dapat memeliharanya dan lama kelamaan kambing itu akan beranak dan akhirnya kambing miliknya semakin banyak.

Namun, ketika sedang menanyakan harganya, tiba tiba terbersit dalam pikirannya, jika ia membeli kambing maka ia harus membuat kandang dan mencari rumput untuk makan semua kambingnya. Kemudian ia berlalu meninggalkan penjual kambing justru malah memilih beberapa pakaiaan baru.

“Beberapa pakaiaanku sudah usang, jika aku membeli beberapa pakaiaan baru pasti tidak akan menghabiskan uang ku. Tidak salahnya membeli beberapa helai saja” ucapnya pada diri sendiri.

Beberapa hari kemudian, kakek tua itu kembali berpikir apa kira-kira yang akan ia beli dengan uang miliknya yang sudah dia kumpulkan dengan susah payah itu. Kemudian ia meihat penjual tomat. Penjual tomat itu menjajakan buah yang sangat bagus, merah dan berukuran besar. Terbersit dalam pikirannya untuk membeli beberapa buah tomat dan bibitnya ditanam maka ia akan memanen tomat yang bagus bagus seperti itu. Selain bisa di jual, tomat hasil panennya akan dijadikan makanan sehari – hari.

Namun tiba tiba ia menjadi ragu, karena jika ia menanam tomat, ia harus selalu menyiram tanamannya agar selalu subur, memupuknya dan bahkan menjaganya dari hewan yang bisa mencuri tomat miliknya. Kemudian ia memilih untuk berlalu dan memilih pulang. Namun saat perjalanan pulang, ia melihat beberapa dagangan makanan enak. “Rasanya sudah lama tidak makan makanan enak” pikir kakek itu. Ia pun pualgn dengan membeli begitu banyak makanan enak.

Keesokan harinya, kakek tua itu kembali berpikir apa yang akan ia beli dengan uang hasil kerja saat usia muda, tidak jauh dari tempatnya berdiri ada seorang penjual ikan nila. Kakek tua itu melihat ikan-ikan nila itu berenang dalam kolam yang kecil. Ketika melihat lincahnya iakn nila itu berenang terlintas dalam kepalanya untuk memelihara ikan nila. Ikan nila akan cepat tumbuh besar dan beranak, lama kelamaan ikan nila itu akan tumbuh besar dan dapat dijual untuk menghasilkan uang.

Tiba tiba kakek kembali menjadi bingung, jika ia memelihara ikan nila, ia harus menyediakan makanan ikan setiap hari. Jika kemarau kolam ikan menjadi kering dan ikan peliharaannya akan mati. Ia pun buru buru pergi dan meninggalkan penjual ikan nila dan bergegeas pulang.

Saat perjalanan pulang, tiba tiba sandal yang dikenakannya putus. Sandalnya tidak bisa di pakai lagi. Ia pun menghampiri penjual sandal dan membeli beberapa pasang sandal.

Hingga suatu hari, kakek tua masih kebingungan apa yang akan ia beli. Dan ia terkejut karena uang di saku celananya telah habis. Kakek tua sangat menyesal kenapa ia selalu bingung untuk memutuskan sesuatu yang ada di hadapannya. Terlebih lagi kakek tua menyesal karena uang yang telah ia kumpulkan dengan bekerja keras di waktu muda, kini dengan mudahnya ia habiskan untuk sesuatu yang tidak begitu penting. Dan sekarang di masa tuanya dia tidak memiliki apa –apa.

Kisah bijak ini memberikan makna bahwa dalam hidup kita harus memiliki prioritas. Terlebih dalam mengatur keuangan, harus tahu bagaimana berinvestasi. Dan investasi terbaik adalah investasi leher ke atas alias investasi ke otak untuk ilmu dan pelajaran.

Kisah Motivasi : Topi Usang Keberuntungan

Artikel motivasi bijak :

Suatu ketika ada seorang petani dengan topi hitamnya tengah beristirahat di bawah pohon karena kelelahan. Pak tani mengibas-ngibas topinya untuk membuat semilir angin dan mengusir panas yang menyerang tubuhnya. Tanpa dia sadari, saat ia tengah melamun, seekor kera menghampirinya dan membawa lari topi hitamnya itu.

Sejak saat itu ia tidak pernah melihat topi miliknya itu lagi. Entah dimana kera menyembunyikan topi kesayangannya itu. Yang jelas begitu pak tani tidak memakai topi hitam itu, ia berubah menjadi gundah gulana. Semangat bertaninya hilang. Setiap malam ia menjadi sulit tidur. Karena selalu memikirkan topi hitamnya hilang entah kemana.

Pak tani merasa topi hitam itu adalah penyemangat hidupnya. Topi itu juga topi pembawa keberuntungan. Sebab sejak topi hitam itu hilang hasil bertani berkurang, bahkan lama kelamaan tidak panen sama sekali. Petani itu pun bertekat untuk menemukan topi hitam itu, ia berjalan keluar masuk hutan.

Suatu ketika ketika pak tani dalam perjalanan di pinggir kota, ia bertemu dengan seorang pengemis yang lumpuh, pengemis itu berdiri dengan bantuan kedua tongkatnya, sementara wajahnya tertunduk dan tangannya memegang topi yang di balik. Hal ini ia lakukan karena menggunakan topi itu untuk wadah penampung pemberian orang iba padanya.

Ada satu hal yang membuat petani itu tertarik pada pengemis itu karena topi yang dia pegang sangat mirip dengan topi miliknya yang hilang itu. Warna hitamnya yang sudah memudar, juga dengan beberapa lubang di topinya membuat pak tani bergumam “Ah, topi itu milikku”.

Kemudian petani itu mendekati pengemis, awalnya pengemis merasa ia akan di beri uang. Namun ternyata, petani itu langsung meminta pengemis untuk menyerahkan topi miliknya. Pengemis itu menolak, karena dia berpikir. Semenjak topi itu berada di tangannya banyak orang yang menjadi iba padanya. Sehingga memberi pengemis itu uang.

“Itu topi yang sudah lama aku cari” kata petani tersebut. “Tanpa topi ini hasil panen padiku turun. Topi ini adalah topi keberuntunganku.” “Karena tanpa topi ini semua padiku habis di makan tikus” kata petani itu.

Jawab pengemis itu “Aku tidak mencuri darimu. Seekor kera menjatuhkan topi ini saat aku sedang bersandar di bawah pohon. Aku hanya mengambil topi yang jatuh itu.”

Pertengkaran menjadi sengit, keduanya saling menarik topi yang sudah usang itu. Karena topi itu topi lama yang sudah rapuh, topi itu akhirnya robek terbelah menjadi dua bagian. Melihat hasil tindakan mereka, petani dan pengemis itu hanya terdiam. Kini tidak ada dari mereka berdua yang bisa memiliki topi yang sudah koyak itu. Keduanya bertengkar lagi saling menyalahkan penyebab rusaknya topi itu.

Hingga ada seorang penjual topi mendekati mereka berdua yang semakin memanas. Katanya “Aku merasa tidak asing dengan topi itu”, “topi itu di jual ayahku saat aku masih kecil. Ia membuat topi ini sendiri. Aku selalu membantu kemanapun ayah pergi menjajakan topi-topinya.”

Kehadiran penjual topi membuat pengemis dan petani itu terkejut, penjual topi membawa banyak sekali topi dengan bentuk yang sama dengan topi mereka yang rusak itu bedanya topi yang di jual penjual topi berwarna lebih pekat dan bentuknya terlihat lebih baru. “tidak ada yang istimewa dari topi buatan ayahku ini,” kata penjual topi. “Mungkin hasil panenmu kurang karena kau terlalu fokus memikirkan hilangnya topi milikmu itu pak tani, sedangkan kamu pengemis tanpa topi pun aku yakin uang yang kamu dapat setiap harinya tidak akan berkurang. Aku akan memberi kalian masing masing satu, silahkan pilih topi mana yang kalian suka.” Kata penjual topi kepada petani dan pengmis itu.

Pak Tani sangat senang. Ia pun pulang membawa topi baru. Ternyata benar apa yang dikatakan penjual topi. Bukan topinya yang menentukan hasil panennya, tetapi karena ia giat bekerja dan tidak memikirkan sesuatu hingga berlarut larut. Sekarang hasil panennya bagus juga. Sementara pengemis, ia malu mengemis lagi. Ia sekarang bekerja pada penjual topi, membantunya membuat dan menjual topi-topi miliknya.

 

Jangan Pernah Sekali Kali Kamu Meniru Orang Sukses

Jangan Pernah Sekali Kali Kamu Meniru Orang Sukses

cara kaya dan sukses christian adrianto motivator

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memangnya salah ya meniru orang sukses?

Memangnya salah meniru orang terkenal yang kita idolakan?

Bukankah orang sukses dapat menjadi inspirasi dan motivasi kita, mereka luar biasa, keberhasilan mereka dapat memotivasi saya menjadi sukses seperti mereka?

 

Benar, tidak ada salahnya meniru orang orang sukses sebagai panutan. Tapi kebanyakan orang, mereka salah meniru. Mereka meniru hasilnya bukan prosesnya.

Orang sukses pasti kaya – Anda berupaya supaya terlihat kaya seperti mereka.

Orang sukses hidup mewah – Anda berusaha trlihat bahagia dengan berfoya foya, jalan jalan luar negeri. Beli tas branded dan semua itu sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Orang sukses pasti terkenal – Anda berusaha mengumpulkan follower dan mencari perhatian sana sini.

Orang sukses itu sibuk – Anda berusaha sok sibuk dengan melakukan hal hal yang tidak berguna.

Beberapa Orang sukses DO dari universitas – Anda ikutan DO dan berharap menyamai kesuksesan mereka.

Yang jadi masalah adalah orang sukses tidak meraih kesuksesan seperti yang sekarang Anda lakukan. Kebanyakan yang Anda tiru adalah Hasil setelah sukses. Anda melompati proses perjuangan dimana orang orang tersebut sukses. Anda terlalu terfokus dengan penampilan luar dan melupakan isi atau usaha orang tersebut menjadi sukses seperti sekarang.

Lilin Harapan

kisah inspiratif christian adriantoKisah dari 4 buah lilin yang menyala dalam sebuah ruang yang gelap. Lilin-lilin terebut merasa nyala api mereka tidak berguna melawan kegelapan dalam ruangan tersebut dan memutuskan untuk padam. Dalam ruangan yang sunyi itu terdengarlah percakapan mereka.

Lilin 1 berkata : “Aku adalah Damai”, “namun manusia tidak mampu untuk menjagaku.”

“Maka lebih baik aku matikan diriku saja !”

Maka lilin 1 sedikit demi sedikit mulai padam.

Lilin 2 berkata : “Aku adalah Iman.” “Sayangnya manusia mulai melupakan aku dan mengganti diriku dengan yang lain.” “Manusia sudah tidak mau mengenalku, karena itulah aku tidak berguna untuk menyala.”

Setelah berkata demikian lilin ke 2 mati di tiup angin.

Giliran lilin 3 berkata : “Dan aku adalah Cinta” katanya dengan sedih. “aku sudah tidak mampu untuk menyala. Manusia sudah tidak lagi memandang dan menganggapku berguna.” “Manusia saling membenci, saling mencaci bahkan mencaci orang yang mencintainya. Membenci keluarganya.”

Tak menunggu waktu yang lama lilin ke 3 akhirnya mati.

Tak diduga, seorang anak kecil masuk dalam ruangan yang gelap tersebut. Dan begitu melihat ketiga lilin tersebut sudah padam, ruangan itu menjadi semakin gelap. Karena takut anak itu berkata : “Eh, Apa yang terjadi ?” kenapa kalian padam ?” “Aku takut akan kegelapan !” Lalu anak itu mulai menangis.

Melihat semua itu, lilin ke 4 berkata : “Jangan takut, Jangan menagis, selama ada aku yang masih menyala, kita masih bisa menyalakan ketiga lilin yang sudah padam itu.”

“Akulah HARAPAN” dengan mata bersinar, anak itu mengambil lilin harapan. Lalu menyalakan lilin lainnya.

Jangan pernah mematikan lilin Harapan. Harapan yang menyala dalam hati kita. Dan semoga kita semua bisa menjadi seperti Anak keci itu yang bisa menyalakan Damai, Iman dan Cinta dengan Harapannya.

Kisah Gentong dan Batu

artikel motivasi christian adrianto

Di sebuah kelas seorang guru berbicara di depan murid-muridnya, dan ia memakai sebuah ilustrasi yang tidak akan mudah di lupakan oleh para siswanya.

Ketika ia berada di hadapan muridnya, guru itu mengeluarkan gentong plastik transparan yang sangat besar dan diletakan di atas meja. Lalu ia mengeluarkan selusinan batu seukuran genggaman tangan dan metetakan dengan hati hati ke dalam gentong tersebut. Ketika susunan batu itu memenuhi gentong tersebut hingga tidak ada yang muat masuk kedalam, guru tersebut bertanya kepada para muridnya: “Apakah toples ini sudah penuh?”

Dengan serentak muridnya menjawab : “Sudah!” kemudian dia berkata : “Benarkah?”. Kemudian dia mengambil kerikil dan memasukannya kedalam gentong, dengan mengguncang-guncangkan gentong itu membuat kerikil yang tadi sudah di masukan mengisi celah di batu batu tersebut. Guru tersebut bertanya kepada para muridnya: “Apakah toples ini sudah penuh?”

Kali ini beberapa muridnya menjawab dengan ragu-ragu : “Mungkin Belum”, kemudian dia mengambil pasir yang sudah dia sembunyikan di bawah meja, dan memasukannya ke dalam gentong tersebut. Dengan mudah pasir memenuhi ruang kosong dalam gentong tersebut.

Sekali lagi guru itu bertanya : “Apakah gentong ini sudah penuh?” “Belum” serentak murid-muridnya menjawab. “Bagus” katanya.

Kemudian ia mengambil sebotol air dan menuangkan air tersebut kedalam gentong hingga penuh. Lalu gurunya bertanya “Apakah maksud dari ilustrasi ini?”

Melihat murid-muridnya saling pandang karena binggung guru itu melanjutkan perkataannya : “Anggap gentong ini adalah kehidupanmu”, kemudian ia menunjuk batu besar dan berkata “Itu adalah hal yang paling penting dalam hidup, ukuran batu di sesuaikan seberapa penting dalam kehidupanmu semakin besar membuatnya semakin penting untuk hidupmu”. Lanjutnya “Ingat!, Jika bukan batu besar yang pertama kali kamu masukan ke dalam gentong, maka kamu tidak akan pernah bisa memasukan batu besar sebanyak ini kedalam gentong tersebut!”

Apakah batu besar dalam hidup mu? Bisa Ayahmu, Ibumu, Orang yang kamu sayangi, persahabatanmu, kesehatanmu, mimpimu. Hal-hal inilah yang kamu anggap penting dalam hidupmu. Dan ingat untuk selalu meletakkan batu besar sebagai hal yang utama, sebab jika kamu mendahulukan hal kecil dalam prioritas waktumu maku kamu hanya mengisi hidupmu dengan hal-hal yang kecil, dan kamu tidak akan punya waktu untuk melakukan hal besar dan berharga dalam hidupmu.

Selamat mengisi hidup!