Semangat Memaafkan

Maaf adalah kata yang mudah diucapkan, namun seringkali sulit dilakukan. Seringkali kita sulit memaafkan kesalahan orang lain, apalagi jika melukai hati kita begitu dalam. Bahkan menimbulkan dendam dan trauma mendalam. Luka hati tidak bisa disembuhkan oleh dokter, hanya diri sendiri yang mampu menyembuhkan. Satu satunya cara adalah dengan memaafkan. Menyimpan dendam hanya akan menyakiti hati lebih dalam. Apalagi jika orang yang kita dendam, belum tentu merasakan hal yang sama. tentunya kita akan rugi berkali lipat.

Beberapa tips agar kita lebih mudah memaafkan kesalahan orang lain

1. Ingatlah kita juga manusia yang seringkali melakukan kesalahan. Jadi jika orang lain melukai hati kita, ingatlah kesalahan yang kita lakukan. Bagaimana perasaan kita saat ada yang tidak memaafkan kesalahan kita. Itu juga perasaan yang dirasakan orang lain. Saat kita melakukan kesalahan, Tuhan pun memaafkan kita, mari berdoa dan memohon petunjuk dari Yang Maha Kuasa, agar kita diberi hati yang legowo dan pemaaf.

2. Pikirkan hal positif akibat kesalahan orang lain. Setiap kejadian tidak ada maknanya, hingga kita sendiri yang memberikan makna. begitu juga saat mendapat perlakuan yang menyakitkan hati, mari kita belajar memaknai positif kejadian tersebut. Anda pernah mendengar nama Chow Yun Fat? Dia adalah bintang film Hongkong terkenal yang kaya raya. Sebelum terkenal dalam dunia akting, dia bekerja sebagai bell boy di sebuah hotel mewah di Kowloon. Suatu hari dia disuruh mencuci mobil Roll Royce salah satu tamu hotel. Saat ┬ámencuci mobil tersebut Chow Yun Fat tidak tahu kalau itu adalah mobil Roll Royce yang sangat mahal, yang dia tahu mobil itu sangat bagus sekali. Selesai mencuci, dia mencoba duduk di belakang kemudi dan ┬ámemegang kemudi. Ternyata tindak tanduknya dilihat oleh manager hotel. Sang manager berfikir bahwa Chow Yun Fat kurang ajar, disuruh mencuci mobil malah malas-malasan di dalam mobil milik tamu. Serta merta sang manager datang dan memarahi Chow Yun Fat: “Jangan main-main, kerjaan kamu bermalas-malasan saja! Kamu itu hanya pegawai rendahan, kamu tidak akan mungkin mampu membeli mobil seperti ini. Lakukan saja pekerjaan kamu!” Mendengar bosnya marah-marah Chow Yun Fat terluka hatinya, namun dia tidak marah. Dia berjanji dalam hati, bahwa suatu saat dia akan membeli mobil seperti ini. Makian bos, tidak membuat Chow Yun Fat sedih, tapi membuatnya terus semangat. Dia memaknai bahwa kata-kata hinaan adalah cambuk untuk membuatnya selalu semangat bekerja. Degan semangatnya, kini Chow Yun Fat sukses dalam dunia akting, menjadi bintang film terkenal di Hongkong bahkan di dunia.

3. Tarik nafas dalam dalam dan tenangkan emosi. Biarkan waktu menjadi pereda sakit hati.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>