Category Archives: TIPS MOTIVASI

Gila, 4 dari 5 Orang Generasi Milenial Tidak Siap Pensiun.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dosen dan Edukator Dana Pensiun menyebutkan “86% Generasi Milenial tidak punya program pensiun”. Ini artinya generasi milenial di Indonesia belum memiliki persiapan yang cukup matang untuk memasuki masa pensiun. Hal ini bisa jadi disebabkan karena mereka berpikir masih muda masih ingin bersenang senang dan tidak mau terburu buru menyiapkan dana pensiun.

Wajib diingat masa pensiun itu tidak harus selalu persoalan waktu, tapi menyangkut kondisi/keadaan. Cepat atau lambat keadaan masa pensiun akan terjadi, jadi sebaiknya persiapkan sejak dini. Jangan sampai kondisi masa kini berjaya masa depan merana.

Generasi milenial siapa saja itu?

Generasi milenial adalah mereka yang dilahirkan dalam kurun waktu dari tahun 1980an hingga 1995 maka generasi mereka adalah orang orang yang memiliki usia rentang  25 hingga 39 tahun. Menurut data dari BPS tahun 2018 jumlah generasi milenial di indonesia mencapai 29% dari total penduduk Indonesia, alias seperempat dari 264 Juta jiwa di Indonesia. Kira-kira ada 63,6 juta jiwa dan ditahun 2020 ini akan terus bertambah.

Generasi milenial pada saat ini adalah penyumbang 80% pekerja di indonesia, karena mereka pada saat ini berada di usia-usia produktif. Wajar jika, 90% pekerja milenial di Indonesia sama sekali tidak siap untuk pensiun. Seakan mereka ingin terus bekerja, dan mungkin bekerja selamanya. Bayangkan jika seperempat dari penduduk indonesia adalah milenial dan mereka tidak siap dengan pensiun, maka apa yang bisa diperbuat Indonesia jika waktunya generasi Milenial ini pensiun alias tidak bekerja lagi? Tidak ada yang ingin hidup sengsara.

Fakta lain adalah 74 dari 100 orang pensiunan di Indonesia hidup bergantung pada orang lain atau keluarga dan seakan menjadi sebuah budaya setiap tahun angka ini tidak berkurang. Kebanyakan dari mereka gagal dalam menyiapkan ketersediaan dana pensiun untuk suatu saat nanti. Ujung ujungnya menyesal. Penyesalan itu selalu datang diakhir, jika di depan itu namanya pendaftaran.

Kok bisa milenial belum siap dengan pensiun?

Biasanya disebabkan karena Gaya Hidup konsumtif, demi “boba” gaji 5jt tidak ada tabungan.

Sample 1

 

 

 

 

 

 

 

Untungnya sadar. Tapi apakah pekerja yang lain sadar juga untuk persiapan masa pensiun mereka? ini adalah contoh lain gaya hidup generasi milenial masa kini.

sampel 3 Sample 2

 

 

 

 

 

 

 

Sebuah konsekuensi hidup dengan gaya hidup -Nongkrong di kafe, no life no gadget, fashionable- bergaya saat bekerja dan cenderung konsumtif alias “hedon” yang menjadi ciri khas milenial masa kini.

Tidak ada yang bertanya “kamu, saat berhenti kerja sudah siap apa?”. yang ada hanya “gila, diskon 50%, cashback 30%, gue/lo banget ini”.  ingat, siapapun pasti akan berhenti bekerja, entah karena pensiun atau karena sebab lainnya. Lalu bekal apa yang sudah kamu persiapkan untuk menghadapi masa pensiun yang tidak pasti terjadinya ini?

-          “If you buy things you don’t need. Soon, you will have sell things you need”. -

Sungguh ini faktanya, masa kini banyak milenial tidak siap pensiun. Maka kini saatnya, memulai merencanakan masa pensiun sejak dini. Mumpung belum terlambat, agar tidak menyesal di hari tua.

5 Tipe Teman yang Tidak Anda Butuhkan dalam Hidup.

Salah satu Aspek Natural dari manusia adalah kebutuhan kita untuk Bertumbuh. Jika kita tidak bertumbuh, jalan di tempat, hasil yang akan kita dapatkan hanya depresi. Ituah mengapa sangat penting untuk memagari diri anda dengan teman-teman, orang disekitar Anda yang akan membantu Anda bertumbuh. Teman-teman atau keluarga pasti juga akan bertumbuh tapi masalahnya mereka akan bertumbuh ke arah yang berbeda dengan Anda. Nah ketika hal ini terjadi kita bisa mengevaluasi kembali dengan siapa Anda berteman, sehingga Anda bisa memutuskan apakah teman-teman anda Sejalan dengan pertumbuhan Anda atau tidak.

Berikut adalah 5 Jenis teman yang harus Anda hilangkan dalam hidup Anda:

  1. Tipe Tukang Komplain/tukang ngeluh. Teman dengan tipe seperti ini adalah seseorang yang selalu membawa energi negatif. Selalu saja ada sesuatu yang salah atau tidak berjalan sesuai rencana, dan tipe ini ingin semua orang mengetahuinya. Masalah yang timbul jika berteman dengan tipe seperti ini adalah pikiran dan sikap negatif mereka menular ke diri Anda dan orang di sekitarnya. Anda akan segera menyadari diri Anda sudah tidak bahagia dengan hidup Anda tanpa alasan sama sekali. Orang-orang dengan tipe ini menguras energi Anda dan membuat anda tidak bisa bergerak maju.
  2. Tipe Penentang/tukang gembosi. Teman dengan tipe ini adalah orang yang selalu merendahkan salah satu ide atau rencana Anda. Setiap kali Anda menyuarakan sesuatu hal atau mendiskusikan tujuan Anda, mereka dengan tipe ini dengan cepat memberi tahu Anda semua alasan mengapa ide itu tidak akan berhasil dan mengapa Anda tidak perlu membuang waktu Anda. Tipe Penentang takut keluar dari zona nyaman mereka karena takut dengan kegagalan. Inilah sebabnya mereka tidak bisa memahami bagaimana orang lain bisa berhasil.
  3. Tipe Sang Peragu/Tidak yakin. Orang yang ragu bisa menjadi teman yang lebih buruk daripada teman yang tidak percaya. Tipe teman seperti ini suka membuat Anda berpikir jika mereka mendukung tujuan dan ambisi Anda, tetapi akhirnya menjadi orang pertama yang menujukan kepada Anda kegagalan dan kekurangan plan atau diri Anda. Mereka akan sering memberitahu Anda betapa mereka percaya kepada Anda dan ingin Anda sukses, tapi diam-diam mereka berharap anda jatuh dan hancur.
  4. Tipe Penyombong & Pembual. Memilih berteman dengan orang sombong dalam hidup Anda sangatlah mudah. Mereka yang secara teratur mencari pembenaran diri mereka dari orang lain. Jika kita menerima kesuksesan besar dalam hidup atau mengatasi sebuah hambatan tertentu, biasanya kita akan berbagi kebahagiaan dengan teman atau keluarga. Tetapi ada kalanya sesorang terus membual(sombong) tentang diri mereka sendiri, itu adalah tanda mereka tidak aman atau kurang percaya diri dan membutuhkan persetujuan dari orang lain untuk membuat diri mereka terlihat lebih baik. Anda tidak perlu menjadi orang yang terus menerus harus mendengar bualan mereka tentang “betapa hebatnya mereka”.
  5. Tipe tidak bisa komitmen. Mereka adalah orang orang yang terbiasa membuat rencana dan mereka juga orang pertama yang mengacaukan rencana dan prioritas mereka. Tipe ini memiliki banyak kebiasaan yang buruk. Seperti menggangu orang lain, menelepon di saat yang tidak tepat, bermain media sosial 24 jam dalam 1 minggu. Jika ada seseorang yang terbiasa tidak bisa bertanggung jawab hal itu akan membuat Anda menjadi tidak peduli terhadap dia. Terutama jika Anda layak mendapatkan teman yang mau berbagi kehidupan dan moment apapun dengan diri Anda.

Saatnya kita memilih teman yang memang cocok dan sejalan dengan tujuan hidup kita. Pilih teman yang memang benar-benar akan membantu kita untuk terus bertumbuh, dan bantulah dia untuk ikut bertumbuh menjadi lebih baik bersama dengan kita.

Cara Mudah Membuat Orang Lain Terkesan

Motivator Indonesia, Motivator, Motivator Terbaik di Indonesia, Motivator Terbaik Indonesia, Christian Adrianto,

Motivator Indonesia, Motivator, Motivator Terbaik di Indonesia, Motivator Terbaik Indonesia, Christian Adrianto,

Gak jarang orang ingin melakukan hal yang besar supaya dirinya dipandang dan dihormati orang. Sebenarnya itu semua tak masalah, asalkan hal tersebut tidak menyalahi nilai dan norma yang ada di masyarakat. Namun sebenarnya masih banyak hal kecil yang terlewatkan dan bisa kamu lakukan dan dapat membuat sekitarmu terkesan.

1. Jadi diri sendiri, karaktermu khas yang tidak dimiliki orang lain, tetap seperti itu, dan perbaiki sikapmu yang dirasa kurang.

2. Mempunyai perhatian dan kepedulian, seseorang akan merasa lebih jika dirinya di perdulikan dan mendapat perhatian dari orang di sekitarnya. Lakukan dengan ikhlas, dan hal sama akan berbalik kepadamu.

3. Ramah kepada siapapun, ramahlah supaya orang lain menerimamu dengan baik. Kalau belum menerima respon yang baik bersabarlah yang penting kamu sudah melakukan hal yang baik, dan ingat tetap menjadi dirimu sendiri.

4. Bersikap sopan, kalo dia sopan maka saya akan segan, ungkapan ini untuk mengingatkan kita untuk sopan pada siapapun jika orang sekitarmu sudah menganggap sopan, maka mereka akan segan pada siapun.

5. Bisa menjadi pendengar yang baik, berilah ruang kepada temanmu untuk melampiaskan kegundahan mereka. Mungkin mereka bercerita untuk di dengarkan, maka dengarkan lah baik baik ceritanyadan berikan empati penuh kepadanya berisaran jika diperlukan dan jangan seakan akan jadi serba tahu masalahnya.

6. Dapat diandalkan, jika orang lain dapat mengandalkanmu, hal itu cukup membuat mereka terkesan.

7. Tidak membuka aib orang lain, cerita tentang aib dan keburukan orang terdekatmu jangan sesekali diumbar di depan umum tanpa persetujuan mereka. Itu akan mempengaruhi penilaian buruk mereka terhadapmu. Tutup mulut dan tidak perlu berbicara hal yang sensitif di belakangnya kepada orang lain.

Ingat, karena sesuatu yang kamu tanam akan kamu tuai di kemudian hari.

Ini tujuh hal yang bisa kamu lakukan. Sepintas kelihatan mudah, tapi untuk melakukannya butuh usaha yang keras.

Hal Ini yang Dilakukan Orang untuk Menjadi Sukses

Motivator Indonesia, Motivator, Motivator Terbaik di Indonesia, Motivator Terbaik Indonesia, Christian Adrianto,

Motivator Indonesia, Motivator, Motivator Terbaik di Indonesia, Motivator Terbaik Indonesia, Christian Adrianto,

Mengenal orang orang yang hebat dunia seperti contohnya Bill Gates, David Beckham, Barack Obama. Mereka tidak begitu saja meraih posisi mereka sekarang, itu bukan keberuntungan. Mereka semua menjadi terkenal karena semua memiliki satu persamaan; Mereka Berani Berpikir Besar untuk Menetapkan Tujuan Besar Sejak Usia Muda.

Orang paling sukses di dunia memulainya dengan menetapkan tujuan besar , Mengapa Kamu Tidak Mengikutinya?

Seberapa penting berpikir besar? Ketika berpikir besar kamu akan bergairah, berpikir besar akan memberimu energi. Ketika berpikir besar, kamu mulai melakukan hal hal besar yang mengeluarkan potensi terbaik dari dirimu. Karena kamu berpikir besar. Pada saat yang sama jika kamu berpikir kecil, kamu hanya mendapat hal hal kecil. Melakukan hal hal kecil hanya menghasilkan hasil yang biasa biasa saja. Kamu tidak akan menyadari potensi dirimu yang sesungguhnya!

Menciptakan Tujuan memberimu Arah yang Jelas

Sebagai remaja, kamu punya lusinan pilihan yang dibuat dalam kehidupanmu setiap hari. Pilihan yang kamu buat akan mempengaruhi seberapa bahagia dan sukses dirimu kelak di kemudian hari.

Tujuanmu mempengaruhi pilihan yang kamu buat.

Jadi kamu harus muai berpikir besar dan menciptakan tujuan untuk dirimu sendiri, jika kamu berkeinginan pergi kemanapun dan menjadi seseorang yang berguna bagi masyarakat. Ketika kamu berpikir demikian kamu akan dapat membuat pilihan tepat untuk dirimu sendiri. Ketika kamu tidak tahu apa yang kamu inginkan dalam hidup kamu tidak akan tahu apa pilihan apa yang harus di buat, dan orang lain lah yang akan menentukan pilihan itu untukmu.

RUMUS SAMA BEDA PENERAPAN BEDA HASIL

kisah sukses, inspiratif , kayaSuatu hari, ada seorang pengusaha muda yang sukses dan kaya raya harus menghadapi ajalnya karena penyakit kanker kulitnya yang parah akibat sensitivitas kulitnya yang tidak normal terhadap sinar matahari.

Sebelum meninggal, sang pengusaha muda tersebut mewariskan seluruh hartanya kepada kedua anaknya. Dalam surat wasiatnya tertulis, “Ayah akan mewariskan dan membagi seluruh kekayaan dan usaha ayah kepada kalian berdua. Ayah hanya akan memberi dua pesan kepada kalian supaya kalian bisa sesukses ayah dan bisa menikmatinya lebih lama :”

“Pertama, Ayah memiliki Penyakit kanker kulit yang langka, dan kemungkinan Gen kulit ini menurun kepada kalian. Jadi pesan ayah jangan sampai sinar matahari menyinari kulit kalian terlalu lama.”

“Kedua, rahasia bisnis ayah supaya kaya adalah dalam bisnis jangan pernah menagih hutang kepada pelanggan.” Sang ayah meninggal tanpa sempat memberikan penjelasan lebih banyak.

Kemudian kedua anak tersebut berjanji untuk memenuhi permintaan ayah mereka.

….

Waktu berlalu, salah satu anak menjadi sangat kaya raya sedangkan yang lain bangkrut dan jatuh miskin.

Karena penasaran sang ibu akhirnya bertanya, kenapa salah satu anak menjadi sangat kaya sedangkan yang lainnya bangkrut dan jatuh miskin. Padahal keduanya memegang teguh nasehat ayah mereka.

Jawab Anak Pertama:

“Ini karena saya mengikuti pesan ayah. Ketika berbisnis Ayah berpesan supaya saya tidak menagih hutang kepada orang yang berhutang kepada saya, dan sebagai akibatnya modal saya susut karena orang yang berhutang kepada saya tidak membayar sementara saya tidak boleh menagih. Ayah juga berpesan supaya kalau pulang dari rumah ke toko dan sebaliknya, saya tidak boleh terkena sinar matahari. Akibatnya untuk pergi ketoko dan dan pulang kerumah saya harus naik becak atau mobil padahal jalan kaki saja cukup, tapi karena pesan ayah demikian akibatnya pengeluaranku bertambah banyak.

Lalu diawab juga oleh si anak Bungsu :

“Ini semua karena aku mengikuti pesan ayah. Ketika berbisnis ayah berpesan supaya aku tidak menagih hutang kepada orang yang berhutang kepadaku. Maka aku tidak memberi hutang. Prinsipku ada uang maka ada barang. Supaya kompetitif, aku memberikan harga dan pelayanan yang jauh lebih baik daripada toko – toko yang lain.  Ayah juga berpesan supaya kalau pulang dari rumah ke toko dan sebaliknya, aku tidak boleh terkena sinar matahari, oleh karena itu aku berangkat ke toko sebelum sinar matahari terbit dan pulang setelah sinar matahari tenggelam. Akibtnya tokoku buka sebelum toko lain buka dan tutup setelah toko lain tutup. Dari kebiasaan inilah, orang jadi tahu dan membuat tokoku menjadi laris karena memiliki jam kerja yang lebih lama.”

Inilah akibatnya jika Sama Rumus tapi Beda penerapan, maka hasil yang akan di peroleh juga akan berbeda.

 

Menetapkan Tujuan Hebat Yang Bisa Dicapai.

Motivator Indonesia, Motivator, Motivator Terbaik di Indonesia, Motivator Terbaik Indonesia, Christian Adrianto,

Motivator Indonesia, Motivator, Motivator Terbaik di Indonesia, Motivator Terbaik Indonesia, Christian Adrianto,

Jadi bagaimana menetapkan tujuan yang sangat kuat sehingga bisa mendorong kita kearah kesuksesan?

  1. Jelas — Semakin Jelas tujuanmu, maka semakin baik dan membuatmu bisa fokus padanya dan besar pula potensi tercapainya.
  2. Terukur –Tujuanmu harus bisa terukur. Jika kami tidak mengukur tujuan, maka kamu tidak akan tahu sejauh mana kamu berhasil mencapainya
  3. Terencana – Tujuan hanya menjadi mimpi di siang bolong, kecuali kamu punya rencana aksi untuk mencapainya. Rencana memberi kita dengan pasti mengenai apa yang kita butuhkan, kita lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.
  4. Time Limit — Yang paling penting dari semuanya, setiap tujuan harus memiliki batas waktu, tanggal di capainya tujuan tersebut. Umumnya orang orang menetapkan tujuan hanya untuk mengatakan mereka akan melakukannya nanti saja. Sekarang kamu harus tahu, nanti tidak akan pernah datang.

Mulailah tentukan tujuanmu sekarang!!

Siapakah Teman mu, Bikin Untung atau Buntung?

Motivator Indonesia, Motivator, Motivator Terbaik di Indonesia, Motivator Terbaik Indonesia, Christian Adrianto,

Motivator Indonesia, Motivator, Motivator Terbaik di Indonesia, Motivator Terbaik Indonesia, Christian Adrianto,

Itu benar teman seperti apa yang kamu pilih untuk berteman akan mempengaruh sikap yang kamu buat setiap hari, caramu bersikap dan hasil yang di peroleh. Teman akan mempengaruhi keputusan besar yang perlu kamu buat, tidak hanya keputusan kecil setiap seperti kemana mau jalan jalan dsb

Bergaul dengan orang yang bahagia akan menjadi bahagia. Bergaul dengan orang sengsara dan kamu akan menjadi sengsara.

Berkumpul dengan orang yang tepat akan membantu membuatmu sukses, sedangkan teman yang salah bisa merusak hidupmu.

Kenapa bisa demikian?

Karena teman bisa mempunyai pengaruh yang luar biasa pada hidup kita. Hal ini terjadi karena kita cenderung menjadi seperti orang yang banyak menghabiskan waktu dengan kita.

Kita semua ingin di sukai oleh orang di sekitar kita, dan bisa cocok supaya bisa diterima. Oleh sebab itu kita biasanya berpikir dan bersikap sesuai dengan cara mereka. Jika kita berbeda kita akan di pandang aneh dan di tolak.

Contoh:

Anak lelaki di sekolah bergaul dengan anak yang merokok dan menghabiskan waktu dengan bermain dan tidak suka belajar. Setelah bergaul cukup lama dengan mereka maka Normal saja jika ikut merokok dan hanya bermain. Jika di kelompok itu menjadi normal untuk gagal ujian dan tidak lulus maka jika kamu belajar dan mendapat nilai A kamu akan di anggap kutu buku, dan semua orang akan mengejekmu.

Dan ketika kamu memutuskan untuk berubah satu hal yang harus kamu rubah petama kali adalah teman teman baru yang bergaul denganmu, carilah teman baru yang posituf, percaya diri, dan berorientasi sukses. Teman yang senang berkompetisi, pekerja keras tidak akan punya waktu dengan aktivitas yang tidak berguna.

Jadi kenyataanya: apakah temanmu membantumu untuk sukses atau justru membuatmu gagal.

Analogi kepiting. Berikut ini fakta yang menarik tentang kepiting. Ketika kamu meletakkan kepiting dalam ember, kamu harus mengikat capitnya karena kepiting bisa memanjat keluar dan kabur. Namun bila kamu meletakkan beberapa kepiting dalam ember, mereka tidak bisa memanjat keluar ember karena kepiting lain akan memegang dan menariknya kembali. Akhirnya, tidak ada kepiting yang punya kesempatan bisa kabur mereka akan mati bersama.

Hati – hati kadang teman negative bisa menarik kita dari sukses seperti kepiting tersebut. Jika kamu berkeinginan untuk berubah menjadi yang lebih baik kadang teman mu akan menghambatmu. Mereka menakut takutimu, mempermainkanmu, dan mempengaruhimu supaya kembali seperti dulu.

Kamu bisa memilih menarik mereka denganmu, atau membiarkan saja mereka, setelah berhasil meloloskan diri, kamu akan menemukan teman baru.

Cara Berpikir Orang Sukses dan Kaya

mindsetPenasaran dengan pola pikir orang sukses dan kaya? Pola pikir adalah sikap mental bagaimana kita merespon kondisi. Ujungnya berdampak kepada tindakan. Pola pikir sukses akan menghasilkan tindakan-tindakan menjadi sukses dan kaya. Berikut 5 ciri orang yang punya pola pikir sukses :

1. Respon Terhadap Tantangan

Orang yang memiliki pola pikir bertumbuh, mereka suka tantangan. Mereka merangkul tantangan. Karena mereka yakin bahwa adanya tantangan sebagai kesempatan untuk melejitkan potensi diri mereka.

Sementara orang yang memiliki pola pikir mandeg, selalu menghindari tantangan. Dia lebih memilih apa yang biasa dan bisa saja.

2. Respon Terhadap Rintangan

Mindset sukses: memiliki kesahabaran untuk menghadapinya. Dia terus mencari cara, terus belajar agar bisa mengatasi rintangan itu.

Mindset gagal: dia mudah menyerah.3.

Respon Terhadap Usaha

Orang yang memiliki paradigma sukses akan melihat usaha sebagai jalur menuju penguasaan (mastery). Dia melihat usaha sebagai proses.

Sementara orang yang memiliki paradigma gagal melihat usaha hal yang tidak berguna. Dia ingin hasil yang instan, jika perlu tanpa usaha.

4. Respon Terhadap Kiritkan

Orang yang berpikir positif akan belajar dari kiritikan sebagai masukan. Jika kritikan yang ditujukan untuk menjatuhkan, dia tidak terpengaruh. Namun jika kiritikan ada benarnya, dia mengambil pelajaran.

Orang yang berpikir negatif kadang akan menolak atau mengabaikan kritik. Dia tidak mau mendengar apa pun masukan yang sebenarnya bisa dia dapatkan. Kalau pun mendengar, malah menjadikan mentalnya ciut, bukan belajar.

5. Respon Terhadap Kesuksesan Orang Lain

Orang yang memiliki sikap mental sukses, melihat orang lain sukses dia akan senang. Dia malah menjadikannya pelajaran dan inspirasi agar dia bisa ikut sukses.

Sementara orang yang memiliki sikap negatif, dia malah iri, berprasangka buruk, dan ingin menjatuhkan orang sukses. Dia merasa terancam orang lain sukses dan membencinya.

7 Cara untuk Menjadi Pribadi yang Bahagia

7 cara untuk menjadi pribadi yang bahagia :

80229_3201. Menenangkan diri

Cara ini dapat dilakukan degan cara duduk nyaman, rileks, bernafas dengan teratur. Kemudia focus pada satu titik, doa, detak jantung, musik fokus pada apapun yang positif. Meditasi membuat orang berumur panjang.

2. Exercise (olahraga)

Ketika kita berolah raga ternyata hormon stressnya langsung turun dan hormon yang namanya endorphin(hormon bahagia) akan meningkat.

3. Merencanakan kegiatan

Mulai merencanakan apa yang akan kita lakukan, Misalnya : Tanggal sekian mau jalan jalan, tanggal sekian mau romantic dinner dengan pasangan. Ketika kita baru merencanakan saja, ternyata hormone endorphin kita lebih banyak dan menjadi semakin senang, karena kita melakukan antisipasi sehingga membuat kita lebih bergairah.

4. Berempati

Harus kommit untuk melakukan secara sadar kegiatan yang baik. Ada sebuah penelitian yang berjudul “The How of Happiness” karangan Sonja Lyubomirsky mengatakan bahwa orang yang diminta untuk membuat 5 (lima) kebaikan kecil dalam satu hari. Ternyata mereka merasa lebih happy selama satu minggu ke depan dibanding mereka yang tidak diminta melakukan apapun.

Jangan tunggu untuk melakukan kebaikan besar, tetapi lakukan kebaikan kecil juga. Tentukan dalam satu minggu ada hari untuk kebaikan. Misalnya hari senin, menjadi hari senin kebaikan. Dan di setiap hari senin kita melakukan 5 kebaikan kecil.

5. Mengingat dampak negatif yang akan terjadi

Emosi yang meluap-luap biasanya membuat yang bersangkutan gelap mata. Jika sudah demikian, dia akan memukul, berteriak, memaki, atau merusak barang-barang yang ada. Nah, untuk menghindari keadaan ini, ingatlah dampak negatif yang akan terjadi jika Anda tidak bisa melawan emosi.

6. Spend Money

Ternyata membeli sesuatu hal yang kita sukai juga bias membuat kita bahagia. Di dalam buku “luxury Fewer” dari Robert H. Frank menjelaskan bahwa ada 3 cara yang kita lakukan dalam mengeluarkan uang untuk menjadi bahagia. Misalnya kita punya uang 20 jt, lalu kita beli barang yaitu motor yang kita suka. Maka kita akan merasa bahagia, namun menurut penelitian dari Robert H. Frank, kebahagiaan membeli barang adalah kebahagiaan yang paling cepat hilangnya.

Lalu level kedua yang dimana kebahagiaan kita bertahan lebih lama dalam mengeluarkan uang adalah untuk membeli pengalaman yang kita impikan. seperti Jalan-jalan ke Bali, study tour ke Jepang

Level ketiga yang dimana kebahagiaan kita bertahan paling lama dalam mengeluarkan uang yaitu adalah ketika kita mengeluarkan uang untuk kepentingan sosial yang kita anggap penting. Maka kita akan mengingat seumur hidup apalagi kita sendiri terlibat dalam proses pembangunannya. Contoh : Kita menyumbang uang dalam pembangunan masjid dan terlibat dalam pembangunannya, maka Anda akan mengingat hasil kerja keras Anda untuk orang lain dan berguna bagi orang lain.

7. Lakukan apa yang menjadi kelebihan anda

Setiap orang pasti memiliki kelebihan, jika suka menyayi luangkan waktu untuk menyanyi, luangkanlah waktu untuk melakukan hal hal yang menjadi kelebihan kita, hidup kita menjadi jauh lebih happy, jika happy pasti badan lebih sehat, lebih panjang umur, dan lebih sukses dalam kehidupannya.

Penting gak sih, Training Soft Skill?

Untuk sukses dalam bisnis, dibutuhkan lebih dari sekedar pengetahuan teknis tentang melakukan atau mengoperasikan suatu alat. Diperlukan juga ketrampilan-ketrampilan tambahan supaya berhasil. Tidak seperti ketrampilan teknis, ketrampilan ini tidak diajarkan di sekolah. Ketrampilan ini disebut dengan ketrampilan Soft Skill.

 

 

Kenapa sih, kita perlu melatih kemampuan Soft Skill kita?

Soft skill training lebih mengarah pada pengembangan SDM atau kemampuan mengelola manusia, seperti managerial skill, communication skill, leadership, networking, atau personal development. Soft skill training biasanya diberikan kepada pimpinan perusahaan yang memiliki anak buah agar mereka dapat menjadi pemimpin yang baik.

 

Pentingnya pelatihan soft skill lainnya adalah karyawan diharapkan mampu mengembangkan dirinya lebih baik lagi dengan perubahan yang dilakukannya, menjunjung tinggi profesionalisme, kejujuran, integritas, etika, kreativitas, daya juang, antusiasme, loyalitas dan lainnya. Jika pengembangan diri karyawan tidak terjadi, maka dipastikan perusahaan minim inovasi dan kurang kuat dalam meghadapi persaingan

 

Pelatihan Soft Skill dapat memberikan dampak yang sangat bagus dan adanya perubahan positif bagi karyawan ketika kesadaran akan dirinya sudah terbentuk, oleh karena itu pentingnya pelatihan Soft Skill selalu mengutamakan terlebih dahulu pentingnya kesadaran diri untuk melakukan perubahan positif pada dirinya.

Christian Adrianto Motivator, Motivator Muda, Motivator Hebat, Motivator Dunia

Christian Adrianto Motivator, Motivator Muda, Motivator Hebat, Motivator Dunia

Normal
0

false
false
false

EN-ID
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-parent:”";
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:8.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:107%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;
mso-fareast-language:EN-US;}