Tips Agar Lolos dalam Wawancara Kerja, Kualitas Apa yang Dicari Para Pencari Tenaga Kerja?

Tips Agar Lolos dalam Wawancara Kerja

                Wawancara adalah kesempatan menggali kualifikasi seorang calon pegawai secara lebih mendalam dengan melihat kecocokan pada posisi yang ditawarkan, kebutuhan, dan sifat perusahaan. Wawancara kerja merupakan kegiatan tanya jawab antara pewawancara dengan kandidat calon pegawai.

 

Tips Wawancara Kerja

Agar pada saat anda melamar kerja tidak gugup dan dapat memahami mitra bicara dengan jelas, ada beberapa prosedur yang harus dilakukan.

1. Atur suara dengan jelas

Usahakan tidak berbicara cepat atau lambat, atur suara agar jelas terdengar, sementara untuk suara keras akan membuat kita terkesan agresif. Sedangkan untuk suara yang terlalu pelan membuat kesan kita kurang percaya diri.

2. Gunakan bahasa yang baik dan jawablah pertanyaan dengan sopan

Penggunaan bahasa yang baik pada saat wawancara kerja juga menjadi suatu keharusan. Perhatikan apa yang disampaikan pewawancara dan jawablah pertanyaan-pertanyaan dengan jawaban yang relevan.

3. Bertanya dengan sopan pertanyaan yang tidak jelas

Jika tidak jelas maka saat wawancara kerja anda dapat menanyakan kembali dengan sopan, hal ini dirasa tidak mengapa untuk memastikan bahwa pemahaman anda sudah benar. Namun bertanya terlalu sering tidak diperkenankan karena justru membuat pewawancara mempertanyakan daya tangkap anda.

4. Gunakan bahasa tubuh yang baik

Bahasa tubuh memegang peranan penting saat wawancara kerja. Gerakan nonverbal seperti mengangguk atau sikap tubuh yang agak condong ke depan menunjukkan kita tertarik pada yang disampaikan pewawancara.

5.Menjaga kontak mata

Pastikan anda menjaga kontak mata dengan pewawancara dalam proses komunikasi. Kontak mata termasuk hal penting pada proses wawancara kerja. Pada saat wawancara kerja tampilkan sikap antusias secara verbal dan nonverbal. Hal ini dimaksud untuk menghindari bahasa tubuh yang negatif. Diantaranya, menggoyangkan kaki, mengetuk jari, dan bahkan menghindari kontak mata.

6.Percaya diri

Cara bicara yang percaya diri namun tidak berkesan sombong akan membuat pewawancara kian tertarik. Pada saat wawancara kerja hindarilah uraian panjang lebar dan bertele-tele. Cobalah menguraikan jawaban dengan singkat dan tetap fokus namun tetap menarik.

Tunjukkan kita adalah orang yang tepat untuk posisi yang ditawarkan. Selanjutnya, ceritakan pengalaman kerja atau kemampuan anda yang relevan dengan posisi yang anda lamar.

7. Hindari mengkritik pihak yang mewawancarai dan tunjukkan sikap profesional

Selama berwawancara jadilah diri sendiri dan berbicara jujur. Jangan melebih-lebihkan kualifikasi kita. Apalagi mengelabuhi dengan data yang tidak benar. Pewawancara akan segera tahu apakah pernyataan anda benar atau tidak.

8. Tunjukkan rasa ingin tahu

Jika pewawancara memberikan kesempatan anda untuk bertanya. Gunakanlah kesempatan ini untuk menunjukkan rasa ingin tahu anda tentang lingkup dan tugas posisi yang dilamar, kesempatan pengembangan diri, dsb. Hal ini dirasa wajar agar anda tidak terlihat pasif. Terlihat pasif saat wawancara tidak akan menambah nilai kita di mata pewawancara.

9. Tanyakan tentang gaji dengan sopan

Selanjutnya akan muncul pembicaraan mengenai gaji dan tunjangan. Pewawancara tentu sangat menghargai kandidat calon pegawainya yang mampu menentukan nominal gaji yang ia harapkan. Hal ini dianggap telah melakukan penilaian atas kemampuan dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu saja dengan angka yang logis.

 

Kualitas Apa yang Dicari Para Pencari Tenaga Kerja?

Sebelum melakukan wawancara kerja, ada baiknya anda gali pengalaman terlebih dahulu. Seperti mencari informasi tentang apa sebenarnya yang dicari oleh para pencari keerja. Nah, berikut adalah informasi yang sudah terangkum untuk anda.

  1. Komitmen untuk meningkatkan karir

Karir tips pertama, saat wawancara cobalah untuk menjelaskan visi dan misi anda dalam hal menyelesaikan pekerjaan. Poin-poin penting apa saja yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan karir.

2. Ingin terus belajar

Untuk meyakinkan pewawancara yakinkan anda adalah orang yang suka menerima masukan dan suka memperbaiki diri. hal ini meyakinkan anda adalah orang yang suka belajar.

3. Mudah beradaptasi dan suka membantu teman

Suka membantu adalah salah satu karir tips. Pastikan anda dapat bekerja dengan baik dan suka membantu teman kerja anda serta mudah beradaptasi dengan rekan lain.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>