Pentingnya Budaya Disiplin Dalam Bekerja

Salah satu komponen yang perlu ditingkatkan dalam kinerja masyarakat Indonesia adalah kedisiplinan. Komponen ini sangat peru dibenahi karena sangat mempengaruhi produktivitas kerja. Namun tidak semudah membalikan telapak tangan, mengubah kebiasaan agar disiplin bukanlah hal yang mudah melihat banyaknya penyebab dari masing-masing orang.

Disiplin merupakan sebuah kondisi seseorang yang sadar dengan apa yang harus dilakukan tanpa mempedulikan emosinya ketika itu. Berlaku disiplin berarti Anda harus siap menyingkirkan perasaan sedih yang sedang melanda maupun kebosanan yang terkadang datang secara tiba-tiba. Kedisiplinan sangat perlu dilakukan untuk memperlancar dalam pemecahan suatu permasalahan. Walaupun bukan kunci untuk menyelesaikannya, namun dengan perilaku disiplin solusi yang telah didapatkan akan dapat dijalankan.

Perilaku disiplin akan memberikan berbagai keuntungan bagi Anda. Disiplin akan menghindarkan Anda dari kegiatan menunda pekerjaan. Selain itu, menerapkan kedisiplinan dalam kegiatan sehari-hari Anda akan membuat hidup lebih tertata dan pekerjaan lebih cepat terselesaikan.

Kedisiplinan tidak didapatkan secara instan. Anda perlu melatihnya sedini mungkin. Untuk membentuk sikap disiplin Anda memerlukan beberapa hal kunci. Hal pertama adalah Anda harus niat, ketika kondisi belumlah disiplin maka segeralah mengakui kekurangan Anda. setelah itu, segeralah untuk  memperbaikinya. Buatlah jadwal sebagai acuan kegiatan sehari-hari agar lebih disiplin. Jadwal juga akan dapat Anda jadikan sebagai pemantau apakah sudah disiplin atau belum.

Kedua,harus ada kemauan dari Anda untuk bersikap disiplin. Kemauan sangat penting untuk membentuk kedisiplinan. Anda harus mampu mengalahkan rasa malas yang menyerang. Mau berubah dan kesadaran dari salam hati akan memudahkan Anda menjalani kedisiplinan. Anda juga harus bersikap keras terhadap diri sendiri. Jangan kalah dengan zona nyaman Anda. Jangan mudah putus asa dan cengeng, berilah diri Anda tantangan agar mau berusaha untuk meraihnya.

Memiliki tantangan dalam hidup akan membuat kehidupan Anda terarah. Tantangan akan memicu terjadinya perubahan yang baik dalam diri Anda. Lakukan perubahan-perubahan kecil setiap harinya untuk menghindarkan rasa malas dalam jiwa.

Terakhir, tanamkan dalam pikiran Anda bahwa berperilaku disiplin bukanlah hal yang salah untuk dilakukan. Pikirkan juga masa depan Anda bila melakukan kedisiplinan dan tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>