Menumbuhkan kebiasaan baik untuk membentuk karakter

Berkembangnya zaman dan ilmu pengetahuan membuat semuanya serba canggih. Kecanggihan dan kemudahan yang ditemui di sini harus kita hadapi dengan memiliki karakter yang baik. Jika tidak kita akan tergerus arus globalisasi yang memiliki dampak negatif pula. Memiliki karakter yang baik juga akan mengantarkan kita pada kehidupan yang lebih baik.

Hidup akan menjadi lebih berkualitas, orang di sekitar kita pun menjadi lebih menghargai kita dari sebelumnya. Semua itu didapatkan dengan menjadi diri berkarakter baik. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mulai dengan membangun kebiasaan yang baik. Kebiasaan akan terus dilakukan sehingga mampu mendarah daging dalam diri.

Berikut beberapa cara untuk menumbuhkan kebiasaan baik dalam diri sendiri.

Menentukan kebiasaan

Untuk  memilki kebiasaan yang baik, Anda harus menetukannya terlebih dahulu mana yang akan dilakukan. Contoh bangun pagi, belajar dalam sehari selama 2 jam, dan lainnya. Bisa juga menentukan kebiasaan yang tidak ada kala waktu seperti terbiasa tersenyum atau menyapa orang.

Lakukan selama 21 hari

Setelah menentukannya, yang harus Anda lakukan adalah melakukannya secara rutin selama 21 hari. Hal ini dilakukan supaya pola kehidupan menjadi teratur sehingga mendarah daging dalam diri. Anda harus melakukannya selama 21 hari berturut-turut. Jika sempat tidak melakukannya 1 hari maka ulangilah lagi dari awal sampai dengan 21 hari lagi.

Komitmen yang tinggi

Untuk membentuk suatu kebiasaan memang bukanlah menjadi perkara yang mudah. Anda harus berjuang melawan rasa malas dan tidak bersemangat. Ingatlah tujuan Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Tidak mungkin pula mendapatkan tujuan dengan cara yang diinginkan. Anda harus melalui berbagai halangan dan ujian. Contoh menjadi pribadi sabar, halangan adalah menemui orang yang jahil.

Motivasi yang kuat

Kebiasaan yang terbentuk juga dikarenakan adanya motivasi yang kuat dalam diri. Hal ini juga akan memperkuat Anda dalam berusaha. Anda pun menjadi pantang menyerah dalam melakukan usaha meraih visi. Anda juga bisa mendapatkan motivasi dari patner yang dipercaya

Selalu belajar

Penuhilah hidup Anda dengan belajar dan belajar. Dengan begitu ilmu dan wawasan Anda akan semakin berkembang. Tak hanya itu, Anda juga akan semakin mudah untuk menjawab persoalan hidup yang akan dihadapi.

Itulah berbagai cara untuk membentuk kebiasaan baik sehingga timbulah karakter yang baik pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>