Untuk Kamu yang Merasa Stress dan Cemas

Dengan banyaknya masalah dalam hidup, kadang kala membuat diri kita mengalami gangguan seperti setress dan cemas. Jika kamu biarkan steress dan cemas ini dapat menumpuk dalam pikiran kamu dan menjadi stress dan kecemasan yang berlebihan. Stress dan kecemasan yang berlebihan  sudah jelas akan mengganggu hidupmu. Mengganggu bagaimana kamu mengambil keputusan yang akhirnya hasilnya menjadi tidak sesuai harapan dan membuat stress dan kecemasanmu semakin besar karena segalanya terlihat tidak lancar dalam hidupmu.

 

Secara umum stress dan kecemasan itu wajar terjadi pada manusia. Namun jika kamu mengalami stress dan kecemasan yang berlebihan terhadap sesuatu, bisa jadi kamu mengalami gangguan kecemasan.

 

Ada beberapa ciri gangguan kecemasan, di antaranya adalah sebagai berikut:

 

  • Kamu merasa ada rasa cemas terhadap sesuatu dan kamu tidak memiliki solusi untuk itu.
  • Kamu merasa perlu membuat rencana untuk mengatasi sebuah situasi terburuk yang belum tentu muncul.
  • Sulit berkonsentrasi.
  • Ragu ragu dan ada ketakutan atau kecemasan saat mengambil keputusan.
  • Gelisah gugup, mudah tersudut, mudah tersinggung.

 

Jika kamu mengalami beberapa ciri di atas, ada baiknya jika kamu berkomunikasi dengan sahabat atau keluargamu dengan nada yang lembut dan situasi yang santai. Namun, perlu kamu ingat. Kamu tidak bisa mendiagnosis diri sendiri, perlu bantuan orang lain yang lebih ahli atau kamu anggap lebih bijak untuk mendiagnosis gangguan kecemasan kamu.

 

Stress dan rasa cemas yang wajar akan menghiang dengan sendirinya jika pemicunya telah menghilang

 

Berikut beberapa cara yang dapat menghilangkan Stress dan cemas yang bisa kamu lakukan.

 

  • Datangi sahabat, keluarga atau teman terdekat. Beberapa orang yang mengalami stress dan rasa cemas biasaya memilih untuk menarik diri dari lingkungan sosial. Padahal sebenarnya kamu bisa bercerita kepada keluargamu atau dengan kegiatan positif bersama. Dengan cara ini setidaknya kamu bisa me-resset pikiranmu dari semua masalah-masalahmu. Degan pikiran yang tenang dan baru, solusi akan datang.

 

  • Hobby baru. Menyibukan diri dengan sesuatu yang kamu sukai dapat membuat kecemasan dan stress berkurang. Kamu akan jauh lebih bahagia dan membuat kamu menjadi orang yang lebih menyenangkan. Dan kamu bisa mendapatkan teman baru

 

  • Olahraga. Dengan banyak olahraga tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan tetapi juga bisa melepaskan cemas dan stress. Imbangi kebiasaan hidup baru kamu dengan mengurangi kebiasaan lama yang tidak sehat. Seperti kurangi rokok, miuman manis dan alkohol, dan obat obatan.

 

  • Istirahat dari media sosial online dan komputer. Berjanjilah pada diri sendiri untuk membatasi waktu yang digunakan untuk membuka Facebook, Twitter, Instagram dan situs-situs lain yang tidak akan membuat hidup kamu menjadi lebih baik. Jika terasa sulit lakukan bertahap, jika kamu terbiasa menghabiskan waktu berjam jam untuk mengakses social media kurangilah jamnya. Ganti dengan membaca buku atau dengan kegiatan/ organisasi yang kamu percayai seperti basket, panjat tebing. Maka kamu akan dikelilingi oleh orang-orang yang menarik dan ingin dunia menjadi lebih baik.

 

  • Mengatur pola makan sehat. Ada penelitian, sarapan dan makanan yang kita makan setiap hari dapat mempengaruhi suasana hati. Mengurangi konsumsi makanan dengan tinggi karbohidrat dan gula efektif untuk mengurangi rasa cemas. Disarankan juga untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan vit b dan omega-3, sebab penelitian mengatakan seseorang yang kekurangan vit b dan mengalami stress dan cemas akan memicu depresi. Sedangkan makanan seperti salmon dan tuna yang tinggi omega-3 akan membantu mengurangi rasa cemas dan deprsi.

 

  • Mengatur pola tidur. Kurang tidur dan terlalu banyak tidur memicu rasa cemas. Ubahlah dengan kebiasaan tidur berkualitas(nyenyak) dan pola tidur yang tepat setidaknya 6-7 jam sehari untuk mengurangi kecemasan. Dengan cara mengganti seprai, selimut, menjaukan gadget dari tempat tidur dan menjaga suhu ruangan supaya tidak terbangun saat tengah malam.

 

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk menghilangkan rasa cemas mu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>