5 MOTIVASI KERJA JEPANG

Negara Jepang terkenal akan etos kerjanya yang luar biasa semangat. Negaranya maju dan SDM yang dimiliki berkualitas, padahal Jepang adalah Negara dengan potensi bencana alam yang besar. Sering kita mendengar Tsunami menyapu bersih Negara ini, segalanya porak poranda akibat gempa bumi. NamunJepang selalu mampu bangkit kembali, membangun kembali negaranya.

Berikut adalah semangat motivasi kerja orang Jepang yang layak kita teladani.

  1. MAKOTO, artinya bekerja keras, semangat jujur dan dengan ketulusan hati.
  2. BUSHIDO, adalah semangat pejuang  yang rela mati demi negara. Bushido diambil dari prinsip hidup samurai yang selalu penuh pengabdian kepada Negara/kaisar bahkan rela mati untuk melindungi kaisar. Sehingga para samurai melakukan  tugasnya dengan totalitas.
  3. KAIZEN, diambil dari kata Kai yang artinya terus menerus, berkesinambungan   dan Zen yang artinya perubahan menjadi lebih baik.  KAIZEN sekarang diartikan sebagai PDCA, yaitu Planning, Doing, Checking  And Action. Prinsip PDCA diadaptasi di industri Jepang. Proses inilah yang membuat Jepang terkenal dengan produk yang berkualitas. Prinsipnya adalah selalu koreksi dan perbaiki agar berkembang menjadi lebih baik. Saat ada kendala selalu fokus pada solusinya.
  4. KEISHAN, artinya kreatif, inovatif dan produktif. Prinsip ini menutut orang Jepang untuk tidak pernah takut berkarya, tidak takut berbeda. Oleh sebab itu banyak sekali budaya Jepang yang unik dan kreatif, hingga ditiru dibarbagai budaya di dunia.
  5. GANBATTE KUDASAI. Ini adalah kata katapenyemangat yang sering diucapkan oleh orang Jepang. Berasal dari kata Ganbaru, yang artinya berusaha. Kata kata motivasi ini mengandung makna tetaplah berusaha, jangan menyerah higga tujuan mu tercapai.

Christian Adrianto Motivator, Motivator Terkenal, Quote of the day, kata motivasi, Mario Teguh, Merry Riana, Bong Chandara, Andrie Wongso, James Gwee, Tung Desem Waringin, Kata bijak, kata motivator

Christian Adrianto Motivator, Motivator Terkenal, Quote of the day, kata motivasi, Mario Teguh, Merry Riana, Bong Chandara, Andrie Wongso, James Gwee, Tung Desem Waringin, Kata bijak, kata motivator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>