Disruption di Era Modern dan Cara Mencegahnya (part 1)

Menurut prof. Rhenald Kasali zaman sudah berubah, Disruption mengubah banyak hal sedemikian rupa, sehingga cara-cara bisnis lama menjadi obsolete. Menjadi usang atau ketinggalan zaman. Persis seperti sebagian besar bangunan pabrik es yang kini telah berubah menjadi “rumah hantu”, atau mesin faksimili yang sekarang hanya teronggok di sudut ruangan menunggu kiriman surat yang tak kunjung tiba. Siap atau tidak kamu akan mengalaminya juga. Lalu bagaimana cara kita untuk mencegah supaya kita tidak terDisruption juga? berikut tipsnya dengan mempertajam Skill-Skill berikut  :

Cara Berkomunikasi.
Cara mendapat skill ini dengan belajar mendengarkan dan berbicara dengan baik, Cara lain untuk mendengembankan skill ini adalah dengan merekam percakapan yang kamu lakukan. Dan setiap kamu mendengarkannya kamu akan tahu apa yang kurang dari kemampuan komunikasi yang kamu miliki.
Rasa Ingin tahu, Kreatifitas, dan inovatif.
Rasa ingin tahu adalah awal mula datangnya sebuah ide kreatif dan sebuah inovasi. Soft Skill ini berguna untuk menyelesaikan masalah. Ketika kamu menghadapi sebuah masalah dalam pekerjaan, rasa ingin tahu akan membuat kamu tidak berhenti mencari sumber permasalahan tersebut hingga berhasil mendapatkannya. Kemudian kamu harus memikirkan sulusi yang tepat dan effisien untuk dapat menyelesaikannya. Kreativitas dan inovasi akan sangat membantu kamu untuk mencari solusi paling efisien untuk masalah yang sedang kamu hadapi.
Mengakses, menganalisis, menyatukan Informasi.
Mengakses berita dan informasi sangatlah mudah, tetapi banyak yang tidak terbukti kebenarannya. Sebagai seorang professional sudah selayaknya melihat informasi dengan lebih bijak. Tidak hanya mengakses informasi dan menelannya bulat bulat, tetapi juga harus di analisis dan menyatukan informasi tersebut agar tahu kebenarannya. Ikut menyebar berita bohong akan membuat kita terlihat kurang professional.
Kemampuan beradapatasi
Setiap pekerjaan mungkin terasa berat pada awalnya, ketika kamu belum terbiasa dan banyak yang perlu di pelajari. Jika kamu punya skill ini maka kamu akan dapat melewati masa sulit tersebut.
Kepemimpinan
Apa yang perlu dipersiapkan untuk skill ini? Kamu harus berani terlebih dahulu, kamu harus siap menjadi pemimpin jika kesempatan datang padamu. Jika diberi sebuah project, terimalah tantangan tersebut, jika perlu kamu dapat merekomendasikan dirimu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>