Entrepreneurs Wajib Tahu! Bisnis dan Olahraga

olahraga dan bisnisOlahraga Dapat Meningkatkan Produktivitas Dalam Bisnis

Kita mengenal sebuah aktivitas yang disebut dengan Olahraga, Olahraga memiliki peran penting dalam meningkatkan kesehatan kita, penampilan kita, membuat hidup kita menjadi aktif, menstabilakan keadaan emosi atau mood kita, bahkan bisa juga untuk menurunkan stress. Namun ada fungsi lain dari olahraga yaitu dapat mempengaruhi produktifitas Anda dalam kerja atau bisnis.

 

Bukti nyata Olahraga membantu CEO terkenal, sukses dalam bisnis

Berolahraga tampaknya mendukung hasrat pengusaha terkenal untuk hidup dan terus berinovasi, memberi mereka energi, dan terus maju. Mari kita lihat CEO perusahaan terkemuka dan hobi olahraga mereka.

Tim Cook, CEO Apple, lebih suka berolahraga di gym setiap hari selama satu jam pada pukul 5 pagi. Selain itu olahraga seperti panjat tebing, atau hiking. Bersepeda juga tetap menjadi salah satu olahraga terpentingnya. Selain berolahraga, Cook pergi ke pertandingan bisbol dan rugby. Juga, dia memastikan bahwa dia membuat setidaknya 8.000 langkah per hari. Tim Cook percaya bahwa melakukan olahraga membantu menghindari stres.

Mark Zuckerberg, pencipta Facebook, berolahraga setidaknya tiga kali seminggu. Paling sering dia berlari, kadang-kadang terlihat berlari dengan anjingnya. Zuckerberg selalu suka mencoba olahraga baru: selancar, anggar, mendayung, atau lempar tombak. Fakta menarik: pada tahun 2016, ia menantang dirinya sendiri untuk berlari sejauh 365 mil. Dia menyelesaikan tujuan itu di tengah musim panas. Pendiri Facebook itu percaya bahwa berolahraga memungkinkan dia untuk tetap lebih energik. Sementara energi dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas apa pun di tempat kerja, olahraga telah menjadi bagian integral dari hidupnya. Mark mengaku bahwa ia sering mendapatkan wawasan dan ide-ide baru selama kegiatan olahraga.

Nick Woodman, pendiri GoPro, dengan kecintaannya pada selancar, terinspirasi untuk membuat salah satu perusahaan paling terkenal di dunia saat ini. Pada awalnya, ia menggunakan alat yang sudah ada untuk merekam sesi selancarnya, yang memunculkan ide untuk membuat kamera profesional untuk olahraga aktif. Selain berselancar, ia dikenal karena kecintaannya pada snowboarding dan mengemudi mobil balap. Dia yakin bahwa orang pantas melakukan apa yang mereka sukai dalam hidup mereka. Kisah ini, tidak seperti yang lain, menunjukkan hubungan erat antara olahraga dan bisnis.

Contoh lain, Larry Ellison, pendiri Oracle, sangat menyukai berlayar. Dia sering berpartisipasi dalam lomba layar yang berisiko. Orang-orang mengatakan bahwa Ellison berusaha menjadi kaya hanya untuk mendapatkan kapal pesiar yang modis dan mahal. Sekarang, dia bahkan memiliki tim berlayarnya “Oracle Team” USA. Selain itu, ia terkenal dengan kecintaannya pada pesawat terbang dan golf. Tak perlu dikatakan, Larry Ellioson memiliki aset di berbagai klub olahraga. Ellison menegaskan bahwa olahraga dan kompetisi membuat orang tetap waspada dan memberi mereka motivasi untuk mengambil inisiatif baru.

 

Apakah Olahraga dan Bisnis Memiliki Persamaan?

Ternyata, olahraga dan bisnis memiliki banyak kesamaan:

 

• Menciptakan kerja tim yang unik. Baik dalam pekerjaan maupun olahraga, Anda perlu bekerja sama dengan semua peserta dalam prosesnya. Olahraga, tidak seperti yang lain, mengembangkan kemampuan ini secara maksimal. Jika Anda ingin menang, lakukan, dengan mempertimbangkan pendapat semua orang di tim.

• Kemampuan untuk terus berjuang. Dalam olahraga apa pun Anda tidak dapat mencapai garis finish dengan berhenti di tengah jalan. Tampaknya hal yang persis sama terjadi di tempat kerja.

• Keterampilan untuk melakukan segala upaya. Apa pun yang Anda lakukan, selalu ada seseorang yang melakukannya dengan lebih baik. Dalam kondisi seperti itu, tidak ada pilihan selain melakukan yang terbaik untuk mencapai tujuan.

• Meningkatkan kemampuan bersaing. Banyak kegiatan yang meningkatkan semangat bersaing, salah satunya Olahraga. Kemampuan untuk menerima tantangan dari seseorang yang lebih baik dari Anda adalah syarat mutlak yang mendorong Anda untuk bersaing hal sama juga berlaku dalam bisnis.

• Disiplin. Semua atlet mematuhi jadwal harian, mengikuti beberapa aturan khusus setiap hari untuk tetap dalam kondisi yang baik. Apakah pengusaha top dunia tidak mengikuti prinsip yang sama?

• Ketahanan. Kebetulan Anda bisa kalah 10 kali berturut-turut. Dan hanya orang yang paling kuat dan paling siap yang akan pergi berperang untuk kesebelas kalinya. Ketahanan seperti itu adalah suatu keharusan dalam bisnis dan olahraga jika Anda ingin mencapai sesuatu.

 

Tips Supaya Olahraga Dapat Membantu Anda Sukses dalam Bisnis

Mari ambil pelajaran dari orang-orang sukses ini dan bawa olahraga ke dalam hidup kita. Ada beberapa jalan pintas yang akan membuat hidup Anda menuju kesuksesan lebih lancar:

 

• Cobalah berbagai aktivitas untuk mencari tahu aktivitas mana yang paling cocok untuk Anda. Kadang-kadang Anda memilih olahraga ini yang, alih-alih membawa kesenangan, malah menurunkan motivasi Anda. Ada banyak jenis latihan yang berbeda, mulai dari Joging hingga squash berpasangan atau tim bola voli. Jangan menyerah jika Anda tidak menemukan passion Anda pada percobaan pertama.

• Mulai dari yang kecil. Jika Anda tidak berencana untuk menjadi atlet terbaik di dunia, jangan membebani diri Anda sejak awal. Ada banyak sekali latihan yang berlangsung selama 7 menit, Anda bisa mengalami demotivasi -kelelahan setelah berolahraga berat, pelan-pelan saja. Mulailah dari yang kecil, dan selangkah demi selangkah itu akan menjadi lebih mudah dan lebih menyenangkan bagi Anda.

• Temukan orang-orang yang berpikiran sama yang memotivasi dan menantang Anda. Ketika semangat bersaing muncul, olahraga menjadi lebih seru. Anda dapat mencari jenis olahraga kelompok dan mencari teman. Atau hanya mengobrol di aplikasi sosial dengan mereka yang menuju tujuan yang sama. Jika Anda memiliki teman yang juga kurang motivasi untuk memulai, ada baiknya ajak dia bersama!

• Perkenalkan olahraga ke dalam rutinitas harian Anda. Misalnya, Anda dapat membuat ritual untuk melakukan latihan pernafasan yoga singkat antara bangun tidur dan saat sedang istirahat.

• Buat rencana untuk minggu depan. Setelah Anda membuat rencana untuk latihan Anda untuk waktu tertentu, secara psikologis jauh lebih mudah untuk mengikuti ritme latihan. Sebisa mingkin utamakan rutinitas yang menyenangkan.

• Pujilah diri Anda sendiri. Ketika Anda berhasil, jangan meremehkannya. Upaya besar harus dihargai tidak hanya dengan tubuh yang bersemangat dan pikiran yang jernih, tetapi juga dengan mencintai diri sendiri.

 

Sekarang, tidak ada yang meragukan sedikit pun bahwa olahraga membantu Anda tetap aktif dan sehat secara fisik, meningkatkan kondisi emosional Anda, dan unggul dalam bisnis. Mulailah hari ini dan jadilah sukses selamanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>